Profil Bina Keluarga Sakinah

Sejak dirintis tahun 2004, majelis taklim Bina Keluarga Sakinah (BKS) telah melakukan kegiatan taklim rutin dan seminar keluarga sakinah. Taklim rutin sebulan sekali dengan tema keluarga sakinah diselenggarakan pada hari Minggu pekan ke empat atau pekan pertama. Peserta yang hadir meliputi jamaah dari Bandung Raya dan sekitarnya.

 

Pendampingan bagi pasangan yang akan menikah juga intensif dilakukan sejak tahun 2004. Tercatat puluhan pasang keluarga yang sduah dibantu dalam aktifitas pelayanan sosial ini. Program bantuan pernikahan yang dilakukan meliputi program pendampingan proses pernikahan dan program subsidi fasilitas pernikahan meliputi biaya mahar bagi yang tidak mampu, dengan menggandeng sponsor dan donatur.

Dengan prinsip nikah mudah seseuai syari’ah Bina Keluarga Sakinah mencoba membantu masyarakat dalam mewujudkan keluaraga yang sakinah.

Kegiatan pelayanan pasangan suami istri dan problematika keluarga juga menjadi garapan BKS. Perluasan cakupan pelayanan ini rasanya tidak mampu dilakukan oleh majelis taklim BKS, maka pada tahun 2009 dikembangkan menjadi Lembaga Swadaya Masyarakat.

Program mulia ini sangat membutuhkan sinergi dan kerjasama dengan berbagai pihak.

 

Ikhtisar kegiatan

NAMA KEGIATAN KETERANGAN
Taklim Bina Keluarga Sakinah Dilaksanakan rutin satu bulan sekali, setiap hari Minggu pekan Pertama atau pekan keempat.
Seminar Nasional Tentang Keluarga Dilaksanakan 3 kali dalam satu tahun
Pendampingan dan konsultasi Bina Keluarga Konsultasi dan pendampingan pernikahan dan konsultasi keluarga untuk calon mempelai atau pasangan yang sudah menikah
Penerbitan Buletin Keluarga Rutin diterbitkan sebulan sekali
Pendidikan Parenting Kajian tematik tentang pendidikan anak
Penanganan Kasus Keluarga Bermasalah Berdasarkan skala prioritas
Pemberdayaan ekonomi keluarga Pembinaan manajemen dan sindikasi permodalan
Pengembangan kegiatan sosial Kegiatan sosial di daerah-daerah bencana untuk ketahan keluarga
Penggalangan solidaritas sesama peduli keluarga Membangkitkan semangat kebersamaan akan pentingnya mewujudkan keluarga sakinah